Puzzle Design : Color Math
Puzzle sama seperti
masalah, pemain harus memecahkan masalah untuk mencapai tujuan dari permainan
tersebut.
Puzzle dalam game
Color Math adalah pemain harus menebak gabungan warna yang diberikan dengan
waktu yang telah ditentukan. Semakin banyak pemain menebak gabungan warna yang
ditentukan semakin cepat pula waktu yang diberikan.
- Buatlah goal yang mudah dipahami : Game designer harus membuat tujuan dari sebuah puzzle agar lebih mudah untuk pemain, apabila harus ada penjelasan untuk game tersebut sebaiknya penjelasannya secara singkat saja tapi sudah dapat menjelaskan game tersebut.
- Buatlah agar pemain mudah memulai bermain: Game designer harus mampu membuat cara bermain yang jelas agar si pemain dapat memanipulasikan puzzle yang sudah dibuat oleh game designer dari game tersebut.
- Berikan perasaan bahwa pemain mengalami kemajuan: Pada prinsip ke-3 ini terdapat perbedaan antara teka-teki (tidak ada kemajuan) dan puzzle (ada progresi). Progresi ini harus terlihat jelas, supaya pemain dapat menghargai permainan yang sedang dimainkan, dan juga membuat pemain termotivasi untuk menyelesaikan puzzle tersebut.
- Berikan perasaan bahwa puzzle ini bisa dipecahkan: Puzzle dapat dipecahkan jika progresi berjalan terus – menerus. Jika puzzle tidak dapat terpecahkan, maka pemain akan merasa sia – sia karena progresi tidak berjalan dengan baik.
- Tingkatkan kesulitan pelan-pelan: Semakin banyak puzzle yang sudah dipecahkan dengan berbagai hal hingga mencapai suatu tujuan. Dari sana, puzzle dapat ditingkatkan kesulitannya misalnya dengan memberikan pemain kuasa untuk menentukan urutan langkah pemecahan puzzle.
- Paralelisme – Berikan pemain kesempatan untuk beristirahat: Paralelisme dapat dikatakan sebagai tantangan yang muncul secara bersamaan, paralel, dan pemain juga dapat memilih jalan mana yang ingin dilewati. Tantangan ini dapat dijadikan sebagai media istirahat untuk si pemain.
- Struktur piramid: Struktur piramid ini merupakan sekumpulan puzzle dengan ukuran kecil yang memberikan petunjuk untuk puzzle dengan ukuran besar. Harus membuat tantangan kecil semenarik mungkin supaya pemain tertarik untuk menyelesaikan tantangan yang lebih besar.
- Berikan petunjuk yang menarik: Pada suatu permainan petunjuk yang tepat sangat diperlukan karena dapat memicu semangat pemain untuk menyelesaikan permainan tersebut, misalnya hint.
- Berikan jawaban: Jawaban atau biasa juga dikenal dengan sebutan feedback sangat diperlukan juga untuk si pemain, karena feedback yang diberikan oleh permainan dapat memicu semagat si pemain untuk menyelesaikan tantangan selanjutnya.
- Pergeseran persepsi yang perlu diwaspadai: Dalam sebuah permainan pasti memiliki banyak persepsi mengenai puzzle yang keluar dari si pemain. Persepsi itu yang dapat berupa hal baik atau buruk, maka dari itu penggunaan harus meminimalisir persepsi yang buruk yang keluar dari si pemain.
Comments
Post a Comment