Balancing dan Mekanika game : Color Math

Dalam postingan sebelumnya, kami memiliki dua buah konsep yang akan dikembangkan, namun setelah kami berdiskusi lebih dalam, kami telah memilih konsep kedua yang akan kami fokuskan untuk dikembangkan.

Yang akan kami bahas dalam postingan kali ini yaitu balancing dan mekanika dari game Color Math.

Balance pada game Color Math

Balance atau keseimbangan game merupakan upaya untuk menyeimbangkan unsur-unsur permainan sehingga didapatkan game yang menyenangkan. Berikut merupakan 12 tipe balance yaitu :

Fairness atau keadilan
Game Color Math merupakan game yang bertipe asymetrical games, karena pemain yang memainkan game ini perlu mengetahui tentang warna.

Tantangan vs kesuksesan
Pada game Color Math waktu yang diberikan untuk memainkannya adalah 2 detik untuk setiap pencetan. Semakin lama dimainkan, semakin cepat waktunya waktunya bisa mencapi 0.5 detik. kemudian pada awalnya pemain akan gampang meraih kesuksesan pada awal-awal permainan tapi setelah game tersebut dimainkan, kesuksesan akan sulit diraih.


Pilihan yang bermakna
Pilihan bermakna atau meaningful choice dalam game Color Math ini adalah ketika pemain memilih jawaban atau warna yang benar maka pemain akan mendapatkan poin dan ketika pemain memilih jawaban yang salah maka permainan akan langsung berakhir

Skill vs peluang
Skill sangat diperlukan untuk memainkan game Color Math, karena tanpa skill maka pemain tidak akan tau jawaban yang manakah yang benar. Namun pemain juga mendapatkan peluang dalam bermain game ini, peluang yang dia dapatkan adalah ¼ setiap pencetan.

Otak vs otot
Pada game Color Math menggunakan kedua-duanya artinya pemain harus menggunakan otak untuk mengetahui jawaban yang benar dan pada saat itu juga pemain harus cepat menekan tombol jawaban yang benar dalam waktu kurang dari 2 detik.

Kompetensi vs kerjasama
Game Color Math hanya dimainkan oleh 1 orang saja jadi tidak perlu adanya kerja sama dengan orang lain. Melainkan game ini bisa menjadi kompetisi ketika pemain menunjukan hasil skornya pada teman-temannya sehingga permainan bisa menjadi perlombaan skor manakah yang paling besar.

Pendek vs panjang
Dalam game Color Math durasi permainan bisa menjadi lama jika skill otak dan motorik dapat bekerja sama dengan baik. Jika tidak bisa, maka permainan pasti berakhir dengan cepat.

Hadiah
Hadiah yang didapatkan pemain ketika memainkan game Color Math adalah skor dan stage baru untuk memainkan permainan.

Hukuman
Hukuman dalam game Color Math adalah ketika pemain melakukan kesalahan pemilihan warna maka pemain akan kembali ke awal permainan dan pemain harus mencoba lagi untuk mendapatkan skor yang paling tinggi

Pengalaman bebas vs pengalaman terkontrol
Kontrol pada game ini adalah pemain hanya diberikan 4 warna dalam memilih jawaban. Jadi pemain tersebut hanya dapat memilih dari ke4 warna jawaban yang sudah tersedia

Sederhana vs kompleks
Semakin lama pemain memainkan game tersebut maka semakin cepat pula waktu yang disediakan. Dalam hal ini terjadi secara spontan

Detail vs imajinasi
Detail dalam game ini hanya berupa pemain harus bisa menjawab penjumlahan dari 2 warna yang disediakan. Dan didalam game tersebut tidak ada penjelasan yang lebih rinci lagi.

Mekanika game pada game Color Math

Mekanika game merupakan inti dari sebuah game yang berisi interaksi dan hubungan yang tetap ada, tanpa adanya unsur estetika, teknologi serta cerita. Adanya mekanika melibatkan usaha untuk mendeskripsikan game kedalam sebuah pemodelan mental yang mudah untuk dimanipulasi.

Terdapat 6 kategori mekanika yaitu :

Ruang (spaces)
Ruang atau spaces merupakan tempat terjadinya kejadian-kejadian dalam sebuah game yang mendefinisikan berbagai tempat yang berada dalam game serta bagaimana ruang saling berkaitan. Dalam game Color Math memiliki ruang 2dimensi dan diskrit.

Object, atribut, state(keadaan)
Object dalam game Color Math adalah lingkaran-lingkaran dengan jumlah ada 6. Atribut dari object game tersebut adalah warna-warna yang dapat berganti-ganti setelah ditekan. State dalam game ini mungkin berupa waktu permainan jadi pada saat game dimainkan waktunya makin cepat dari 2 detik hingga kurang dari 2 detik.

Aksi
Aksi merupakan segala sesuatu yang dilakukan didalam game. Aksi dalam dibagi menjadi 2 yaitu operative actions dan resultant actions. Operative actions yaitu sebuah aksi dasar yang dilakukan pemain dalam sebuah game. Pada game Color Math aksi dasarnya yaitu memencet lingkaran yang berwarna. Sedangkan resultant actions yaitu sebuah aksi hanya bermakna jika melihat game dari perspektif yang lebih besar . pada game Color Math ini aksi resultannya adalah memencet lingkaran yang didalamnya waktunya semakin cepat

Aturan
Aturan merupakan mekanika yang paling penting, Ia mendefinisikan ruang, objek, aksi, konsekuensi aksi, batasan aksi, serta tujuannya. Selain itu, aturan memungkinkan semua mekanika untuk terwujud serta menambahkan hal paling krusial dari sebuah game, tujuan. Terdapat aturan-aturan yang berkaitan pada game Color Math yaitu :
  • Operation rule yaitu aturan dasar bagaimana cara game dimainkan. Pada game Color Math operation rulenya yaitu memencet lingkaran
  • Foundational rules yaitu struktur formal dasar sebuah game, dapat berupa representasi matematika dari sebuah state game serta bagaimana dan kapan ia berubah. Pada game Color Math foundation rulenya yaitu : waktu permainan semakin cepat dari 2 detik hingga kurang dari 2 detik.
  • Behaviour rule yaitu aturan implisit yang berkaitan dengan sportivitas. Pada game Color Math terdapat sportivitas, tidak menggunakan cheat Engine.

  • Written rules yaitu aturan yang datang bersamaan dengan game, bisa jadi dokumen tertulis atau tutorial interaktif dalam game. Pada game Color Math pemain harus menekan layar untuk memilih lingkaran berwarna yang merupakan jawaban dari perjumlahan warna.

Keterampilan(skill)
Dalam mekanika skill yang difokuskan adalah pada pemainnya. Terdapat kategori-kategorinya yaitu keterampilan fisik dan keterampilan mental, keterampilan social, dan keterampilan nyata dan maya. Didalam game Color Math pemain harus melatih kemampuan daya ingat warna dan kecepatan tangan untuk menekan lingkaran yang ada dilayar(koordianasi antara otak, mata dan tangan)

Peluang
Mekanika peluang menyangkut kelima mekanika di atas dan merupakan bagian yang penting dalam membuat game yang menyenangkan, karena peluang berarti ketidakpastian, dan ini berarti kejutan. Dalam game Color Math ini pemain memiliki peluang untuk meraih skor setinggi-tingginya walaupun dalam permainan itu waktunya semakin lama semakin cepat.

Kelanjutannya dari pembuatan konsep ini akan kami posting beberapa waktu kedepan.
Terima Kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Barcode

Dampak Photoshop terhadap Identitas Diri

Bahan Acuan dan Tugas dalam Project Game Design : Color Math