Balancing dan Mekanika game : Color Math
Dalam postingan sebelumnya, kami memiliki dua buah konsep yang akan dikembangkan, namun setelah kami berdiskusi lebih dalam, kami telah memilih konsep kedua yang akan kami fokuskan untuk dikembangkan.
Yang akan kami bahas dalam postingan kali ini yaitu balancing dan mekanika dari game Color Math.
Balance pada game Color Math
Balance atau keseimbangan game merupakan upaya
untuk menyeimbangkan unsur-unsur permainan sehingga didapatkan game yang
menyenangkan. Berikut merupakan 12 tipe balance yaitu :
Fairness atau keadilan
Game Color
Math merupakan game yang bertipe asymetrical games, karena
pemain yang memainkan game ini perlu mengetahui tentang warna.
Tantangan vs kesuksesan
Pada game Color
Math waktu yang diberikan untuk memainkannya adalah 2
detik untuk setiap pencetan. Semakin lama dimainkan, semakin cepat waktunya
waktunya bisa mencapi 0.5 detik. kemudian pada awalnya pemain akan gampang
meraih kesuksesan pada awal-awal permainan tapi setelah game tersebut dimainkan,
kesuksesan akan sulit diraih.
Pilihan yang bermakna
Pilihan bermakna atau meaningful choice dalam game Color Math ini adalah
ketika pemain memilih jawaban atau warna yang benar maka pemain akan
mendapatkan poin dan ketika pemain memilih jawaban yang salah maka permainan
akan langsung berakhir
Skill vs peluang
Skill sangat diperlukan untuk memainkan game Color Math, karena tanpa
skill maka pemain tidak akan tau jawaban yang manakah yang benar. Namun pemain
juga mendapatkan peluang dalam bermain game ini, peluang yang dia dapatkan
adalah ¼ setiap pencetan.
Otak vs otot
Pada game Color
Math menggunakan kedua-duanya artinya pemain harus
menggunakan otak untuk mengetahui jawaban yang benar dan pada saat itu juga
pemain harus cepat menekan tombol jawaban yang benar dalam waktu kurang dari 2
detik.
Kompetensi vs kerjasama
Game Color
Math hanya dimainkan oleh 1 orang saja jadi tidak perlu
adanya kerja sama dengan orang lain. Melainkan game ini bisa menjadi kompetisi
ketika pemain menunjukan hasil skornya pada teman-temannya sehingga permainan
bisa menjadi perlombaan skor manakah yang paling besar.
Pendek vs panjang
Dalam game Color
Math durasi permainan bisa menjadi lama jika skill otak
dan motorik dapat bekerja sama dengan baik. Jika tidak bisa, maka permainan
pasti berakhir dengan cepat.
Hadiah
Hadiah yang didapatkan pemain ketika memainkan game Color Math adalah skor dan
stage baru untuk memainkan permainan.
Hukuman
Hukuman dalam game Color Math adalah ketika pemain melakukan kesalahan
pemilihan warna maka pemain akan kembali ke awal permainan dan pemain harus
mencoba lagi untuk mendapatkan skor yang paling tinggi
Pengalaman bebas vs pengalaman terkontrol
Kontrol pada game ini adalah pemain hanya diberikan 4 warna
dalam memilih jawaban. Jadi pemain tersebut hanya dapat memilih dari ke4 warna
jawaban yang sudah tersedia
Sederhana vs kompleks
Semakin lama pemain memainkan game tersebut maka semakin cepat pula
waktu yang disediakan. Dalam hal ini terjadi secara spontan
Detail
vs imajinasi
Detail dalam game ini hanya berupa pemain harus bisa menjawab
penjumlahan dari 2 warna yang disediakan. Dan didalam game tersebut tidak ada
penjelasan yang lebih rinci lagi.
Mekanika game pada game Color
Math
Mekanika game merupakan inti dari sebuah game yang berisi interaksi dan
hubungan yang tetap ada, tanpa adanya unsur estetika, teknologi serta cerita.
Adanya mekanika melibatkan usaha untuk mendeskripsikan game kedalam sebuah
pemodelan mental yang mudah untuk dimanipulasi.
Terdapat 6 kategori mekanika yaitu :
Ruang (spaces)
Ruang atau
spaces merupakan tempat terjadinya kejadian-kejadian dalam sebuah game yang
mendefinisikan berbagai tempat yang berada dalam game serta bagaimana ruang
saling berkaitan. Dalam game Color
Math memiliki ruang 2dimensi dan diskrit.
Object, atribut,
state(keadaan)
Object dalam
game Color Math adalah lingkaran-lingkaran dengan jumlah ada 6. Atribut dari object
game tersebut adalah warna-warna yang dapat berganti-ganti setelah ditekan.
State dalam game ini mungkin berupa waktu permainan jadi pada saat game
dimainkan waktunya makin cepat dari 2 detik hingga kurang dari 2 detik.
Aksi
Aksi merupakan
segala sesuatu yang dilakukan didalam game. Aksi dalam dibagi menjadi 2 yaitu operative
actions dan resultant actions. Operative actions yaitu sebuah aksi dasar yang
dilakukan pemain dalam sebuah game. Pada game Color Math aksi dasarnya yaitu memencet lingkaran yang
berwarna. Sedangkan resultant actions yaitu sebuah aksi hanya bermakna jika
melihat game dari perspektif yang lebih besar .
pada game Color Math ini aksi resultannya adalah memencet lingkaran
yang didalamnya waktunya semakin cepat
Aturan
Aturan
merupakan mekanika yang paling penting, Ia mendefinisikan ruang, objek, aksi,
konsekuensi aksi, batasan aksi, serta tujuannya. Selain itu, aturan
memungkinkan semua mekanika untuk terwujud serta menambahkan hal paling krusial
dari sebuah game, tujuan. Terdapat aturan-aturan yang berkaitan pada game Color Math yaitu :
- Operation rule yaitu aturan dasar bagaimana cara game dimainkan. Pada game Color Math operation rulenya yaitu memencet lingkaran
- Foundational rules yaitu struktur formal dasar sebuah game, dapat berupa representasi matematika dari sebuah state game serta bagaimana dan kapan ia berubah. Pada game Color Math foundation rulenya yaitu : waktu permainan semakin cepat dari 2 detik hingga kurang dari 2 detik.
- Behaviour rule yaitu aturan implisit yang berkaitan dengan sportivitas. Pada game Color Math terdapat sportivitas, tidak menggunakan cheat Engine.
- Written rules yaitu aturan yang datang bersamaan dengan game, bisa jadi dokumen tertulis atau tutorial interaktif dalam game. Pada game Color Math pemain harus menekan layar untuk memilih lingkaran berwarna yang merupakan jawaban dari perjumlahan warna.
Keterampilan(skill)
Dalam mekanika
skill yang difokuskan adalah pada pemainnya. Terdapat kategori-kategorinya
yaitu keterampilan fisik dan keterampilan mental, keterampilan social, dan
keterampilan nyata dan maya. Didalam game Color Math pemain harus melatih kemampuan daya
ingat warna dan kecepatan tangan untuk menekan lingkaran yang ada
dilayar(koordianasi antara otak, mata dan tangan)
Peluang
Mekanika
peluang menyangkut kelima mekanika di atas dan merupakan bagian yang penting
dalam membuat game yang menyenangkan, karena peluang berarti ketidakpastian,
dan ini berarti kejutan. Dalam game Color
Math ini pemain memiliki peluang untuk meraih skor
setinggi-tingginya walaupun dalam permainan itu waktunya semakin lama semakin
cepat.
Comments
Post a Comment